Monday, September 15, 2014

Monday, September 15, 2014
1
Assalamu'alaikum warahmatullah. Selamat berjumpa kembali. Dalam pembahasan kali ini kita akan sedikit berbicara tentang jaringan. Mungkin sebagian saudara telah mengetahuinya. Namun, untuk menjadikan ilmu ini tetap tergores, maka saya sempatkan menulis pembahasan ini dalam blog saya agar mudah saya mencari nantinya. Insya Allah.

Oke, Baiklah. Kalau anda seorang administrator jaringan atau teknisi jaringan di suatu instansi atau perusahaan yang ingin berliburan tapi tetap ingin mengontrol Mikrotik anda, maka ada baiknya ikuti pembahasan berikut ini. Sedangkan untuk yang masih awam apa itu mikrotik? silahkan cari di google atau berkunjung di Mikrotik Indonesia atau di Forum Mikrotik. Oke, kalau sudah tahu apa kegunaan Mikrotik, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikut.
Biasanya kalau dalam satu Jaringan LAN kita dengan mudah mengakses Mikrotik, baik itu menggunakan winbox atau langsung menggunakan alamat IP yang tersetting pada Miktotik. Namun, pernahkan anda berpikir bagaimana caranya mengakses Mikrotik anda dari warnet lain atau dari tempat yang berbeda melainkan bukan dalam satu jaringan LAN. Berikut Langkah menjadikan mikrotik dapat di akses melalui internet menggunakan IP PUBLIK modem.

Hal pertama yang anda harus lakukan adalah. memastikan bahwa modem ADSL anda berada dalam mode Bridge, artinya mikrotik router terdial ke internet dan modem sebagai jembatan penghubungnya. yah, kurang lebih seperti itu deh. kalau mode bridge. adapun mode PPOE adalah modem dial ke speedy, username dan password tersimpan di modem. :p kalau mau lebih jelas tentang penjelasan mode-mode modem silahkan search di google. OK. lanjut. untuk kali ini kita hanya akan membahas mode bridge. jadi, mikrotik router harus dial ke internet dan modem sebagai jembatan. OK.

Setelah modem berada pada posisi Bridge, lakukan pengecekan IP Publik yang anda miliki, inilah yang dibutuhkan untuk mengakses nantinya mikrotik dari jaringan lain. Caranya buka alamat berikut whatismyip dan lihat ip publik anda.




Setelah mengetahui ip publiknya, maka lakukan settingan di mikrotik. terserah melalui winbox atau langsung ke webfig mikrotik. kalau saya sih mending make winbox. biar lebih mudah. :p
Masuk ke menu IP > Firewall > dan ke tab NAT













Buat NAT rule baru. dengan mengklik icon + berwarna merah. kemudian setting di general seperti gambar berikut.















Kemudian masuk ke Tab action dan setting seperti gambar berikut









Klik ok kemudian lakukan pengecekan. buka browser anda. terserah mozila atau chrome atau IE, dan masukkan ip publik yang anda miliki. dan hasilnya akan seperti ini













Nah, tinggal login dah. sip kan?  selamat berusaha.

Thank's to Allah subhanahu wa ta'ala.

Jangan lupa tinggalkan jejak. coment "ok" juga ga pa-apa. :D

Like FansPage facebook kami https://www.facebook.com/pages/Gudang-Ilmu/289251977889162?ref=hl

1 komentar:

catatan-lamers.blogspot.com said...

Nice info gan
sekedar share, saya pun menulis artikel tentang Remote Mikrotik dari internet
namun cara yang saya terapkan yaitu dengan menggunakan VPN Client
sehingga Mikrotik bisa diakses dibelakang Router yang memiliki Ip publik (dynamin dan static)
https://catatan-lamers.blogspot.co.id/2016/06/cara-mudah-mengkakses-mikrotik.html
Thanks :D

Post a Comment